Senyum optimis Suwanto untuk suwalan

Mentari  telah kembali keperaduannya menyisakan malam dengan sejuta pesona,  banyak aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lereng gunung Kalak wilis ini  demi untuk mengusir  dingin dan kebosanan ,berbagi informasi dengan tetangga sekitar dan juga teman yang biasanya dilakukan di posko jaga (poskamling,red)  Ataupun di warung kopi terdekat .

Saat itu kami tak sengaja berjumpa dengan sosok Pemuda Jangkung yang murah senyum ini, Pemuda  inovatif dan kreatif yang telah Malang melintang di dunia pergerakan baik saat masih menjadi Mahasiswa atau pun ketika telah terjun ke nasyarakat,   sosok pemuda yang murah senyum dan  ceria ketika berdiskusi  dengan lawan bicaranya .

Sosok Pemuda tersebut bernama Suwanto  ,Pria kelahiran Tuban ,26 Februari 1989 ini merupakan pribadi yang supel dan sangat aktif sekali dalam berorganisasi terbukti dalam kiprahnya dia sempat memimpin Kartar (Karang taruna, red)   desa suwalan periode 2010 hingga 2013  dilanjutkan pada tingkat kecamatan dengan menjadi wakil ketua Kartar Kecamatan Jenu periode 2014 hingga 2019. Di singgung sekilas tentang pencalonannya untuk merebut Tahta tertinggi di desa Suwalan beliau hanya menjawab dengan senyuman dan bergumam pelan  : "ini adalah murni kehendak masyarakat dan aspirasi yang menginginkan Desa ini lebih maju dan transparan dan Kami merasa terpanggil untuk melaksanakan tugas Mulia tersebut, Mas ." Jelas  pria yang masih aktif sebagai Pendamping desa tersebut. 

Mantan Aktivis PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia )  ini punya visi dan misi untuk membangun suwalan ke depan ,Adapun Visinya yaitu  terbangunnya tata kelola desa yang baik dan bersih guna mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang adil makmur dan sejahtera. Dalam  Pakta integritas yang telah ditandatanganinya dan juga telah terpasang di beberapa sudut desa dengan panorama Gunung Kalak wilis dan terdapat hunian Hotel Wilis  tersebut memuat bahwa jika kelak dia terpilih menjadi kepala desa ,maka hasil dari pengelolaan TKD  (Tanah Kas Desa ) 50% nya akan  digunakan untuk masyarakat kurang mampu dan anak yatim.


Tidak terasa obrolan kami telah ngalor-ngidul membahas situasi terkini Politik Tanah air baik itu di tingkat lokal maupun skala Nasional, tidak terasa malam Kian sunyi menyisakan jangkrik yang bersembunyi dan bernyanyi penuh keriangan , sebelum berpisah beliau pun mengucapkan :"  apapun nanti pilihan    masyarakat  kami sepenuhnya ikhlas dan legowo dan menyerahkan sepenuhnya kepada kehendak Tuhan , semoga desa suwalan mendapatkan pemimpin yang terbaik dan bisa menyejahterakan rakyatnya ." ujar beliau  dengan mata berkaca -kaca penuh makna. 

Perlu diketahui untuk Pilkades kali ini Desa suwalan diikuti oleh 4  Cakades,  yaitu Muntarom, Suwanto, Dwi susanto dan Purnama, pesta demokrasi ini sedianya akan di gelar pada tanggal 10 juli 2019 swcara serentak bsrsama desa Di kabupaten Tuban, semoga suasana politik bisa kembali damai dan rukun setelah konstelasi selesai. (tbn02)

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan