peran ayah dalam tumbuh kembang sang anak

dalam banyak diskripsi buku dan seminar tentang parenting di jelaskan begitu besarnya peran ayah dalam tumbuh kembang sang anak ,namun dalam prakteknya sang ayah jarang mengindahkan petuah dari para narasumber tersebut .di karenakan terlalu sibuk mengurusi urusan pekerjaan dan seluk beluknya kadang membuat sang ayah menyerahkan segala urusan rumah kepada sang ibu ,termasuk juga dalam mengurusi keperluan si anak mulai dari perawatannya hingga hiburan dan pendidikan.
ada sedikit fakta menarik dalam hal ini ,ketika sang anak lelaki terlalu banyak di didik oleh ibunya ,maka pembawaan dan karakter feminim sedikit banyak akan menurun karena kecenderungan ibu bermain ala anak anak wanita yang suka dengan sifat feminim ,seperti halnya mainan masak memasak ,bermain jual beli di pasar dan sebagainya.
tentu hal ini berbeda dengan kecenderungan anak lelaki yang suka dengan tantangan dan butuh permainan yang menantang yang membutuhkan banyak tenaga dan itu butuh campur tangan dan bantuan seorang ayah.
tentu begitupun sebaliknya ,anak perempuan yang terlalu sering bermain dengan sang ayah akan meniru sifat sifat maskulin.jadi tentunya harus seimbang antara peran ayah dan ibu.

ada fakta menarik yang terjadi di rumah ,mengapa sang anak justru takut kepada ayahnya bukan kepada ibunya ? hal itu di karenakan kedekatan sang anak dan ibu yang begitu dekat sehingga ketika habis di marahi kemudian di manja lagi begitu terus menerus berlangsung ,seringkali ketika anak di marahi oleh ibunya ia akan langsung diam namun ketika hal itu berlangsung terus menerus maka sang anak akan merasa terbiasa dan membuatnya tidak takut lagi.beda halnya ketika sang ayah marah ataupun perintah ini itu sang anak akan segan dan cenderung takut karena intensitas pertemuan yang jarang karena kesibukan sang ayah ataupun karena pekerjaan sang ayah berada jauh di luar kota .

seringkali banyak petuah bijak yang membahas tentang ilmu parenting itu diantaranya ,anak adalah titipan terindah dari Tuhan yang harus di syukuri ,seringkali obat kesuntukan dan kejenuhan rutinitas kerja itu bukan ada pada tempat tempat hiburan ataupun tempat wisata ,namun ada pada riang canda dan tawa anak anak kita.

semoga bermanfaat .

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan