bertani itu keren dan bagaimana menerapkan konsep perusahaan di dalamnya

musim penghujan telah tiba dan kesibukan para petani pun segera di mulai ,terlebih dahulu ketika musim kemarau melanda mereka telah menyiapkan ladangnya ,membajak hingga membersihkan agar siap ketika menghadapi musim tanam .
dari tahun 90 an ketika di tuban telah di masuki perusahaan besar yang sedang melebarkan sayapnya ada beberapa perubahan signifikan yang lambat laun semakin berkembang.diantaranya yaitu minat pemuda (generasi penerus ) para petani yang enggan meneruskan jejak orang tuanya ,hal ini di perparah dengan permainan pemodal besar yang senantiasa mempermainkan harga jual ketika musim panen.
tidak ada gunanya jika terus menerus menyalahkan keadaan ,namun langkah kongkrit yang harus di jalankan adalah bagaimana mengatasinya .
berikut adalah langkah langkah bagaimana membuat bertani itu menjadi keren dan konsepnya menyamai perusahaan sehingga bisa bersaing di tengah sengitnya strategi pemodal besar.

tanamkan bertani itu keren.
generasi pemuda milenia menghendaki pekerjaan itu tampil perlente ,naik kendaraan yang bersih  walaupun dengan isi kantong yang pas pasan ,hal ini nanti tentu bisa di sikapi setelah tuntas membaca postingan di bawahnya ,adalah lumrah ketika di perusahaan besar pekerja yang ada di lapangan memiliki kostum 2 yaitu kostum ketika di lapangan dan kostum ketika akan berangkat maupun pulang ,hal ini bisa di contoh oleh petani zaman now (petanibmuda zaman sekarang ,red) jika ingin merasa keren dalam penampilan.

organisasi kelompok tani.
poin yang kedua ini juga sangat penting ,mengingat ketika lidi yang di kumpulkan dan di ikat menjadi satu tentu akan lebih mudah membersihkan kotoran.penulis telah sedikitnya melihat dan menganalisa kebanyakan pemodal besar kenapa dengan mudahnya mengorganisir para pekerjanya ,mencari bibit dan obat obatan yang menunjang perkembangan tanamannya ,hal ini bisa di pahami mengingat dia punya modal besar (uang yang banyak dan jaringan ).
nah fungsi kelompok tani ini adalah untuk itu jika ada banyak orang yang tergabung dalam organisasi ini tentu akan ada banyak pemikiran untuk mengatasi segala permasalahan yang ada ,mengingat setiap permasalahan pertanian tidak akan sama tiap tahunnya ,perlu solusi yang jelas menghadapi ganasnya persaingan dan cara menjaual hasil panen yang ada.

koperasi pertanian.
poin yang ketiga ini juga cukup menunjang ,mengingat masa panen adalah masa yang sangat di nanti oleh petani ,begitupun ketika saat itu tiba maka segala kebutuhan akan tampak di depan mata ,mulai dari utang piutang bibit dan perawatan akan segera menagih.ini perlu solusi mengingat ketika hasil panen habis bagaimana akan memulai tanam lagi.
koperasi ini di perlukan untuk membantu itu ,hasil dari panen akan di sumbangkan sebagian ke koperasi tentunya dengan sistem menabung yang kelak juga akan menimbulkan bunga.

ikut asuransi tani
poin yang keempat ini tak kalah penting juga mengingat harus ada antisipasi ketika gagal panen ,melalui progam pemerintah melalui presiden joko widodo telah di gagas konsep ini,yaitu juga menggandeng kelompok tani dengan menerbitkan kartu BPJS ketenagakerjaan Khusus untuk petani.

demikian sedikit gambaran bagaimana harus menggunakan konsep perusahaan dalam bertani ,harus kita tanamkan dalam dalam jika anda punya lahan atau mengerti pertanianan atau setidaknya anda lahir dari keturunan petani ,bahwa menjadi buruh pabrik itu pun punya kelemahan , ketika penghasilan memang bisa di andalkan setiap bulan namun jika tidak cermat akan banyak kurangnya ,mereka hanya menang di penampilan ,selebihnya adalah sama.

yang muda yang berkarya ,di butuhkan kesadaraan dari orang tua untuk memahami konsep ini ,lebih tepatnya kerelaan hati untuk menyerahkan konsep perubahan kepada yang lebih muda ,tentunya dengan terus mengawal.

salam perubahan :-)

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan