kiat ampuh hindarkan diri dari keburukan

jalan hidayah itu memang bermacam macam ,kadang juga tak melulu harus melalui dengan pendekatan yang ada pada lazimnya ,dan tak sepenuhnya orang yang tahu akan ilmu bisa mendapatkannya .
anak anak zaman sekarang (kids zaman now ,red ) pergaulannya begitu bebas seiring dengan bekembangnya teknologi ,dan akses ke arah situs situs dewasa pun semakin mudah ,pada zaman dahulu Syekh maulana makhdum ibrohim atau yang lebih di kenal dengan Sunan bonang telah mengajarkan bahwasanya untuk hidup lebih barokah dan damai maka laksanakanlah molimo (moh limo ,tidak mau mengerjakan 5 hal,red ) yang berisi :
1.moh main (tidak berjudi)
2.moh madon (tidak main wanita )
3.moh maling (tidak mencuri )
4.moh madat (tidak mau menghisab candu /narkoba )
5.moh mendem  (tidak meminum minuman keras dan mabuk mabukan )

untuk poin yang ke 3 yaitu moh madon ,di kalangan pemuda zaman sekarang hal ini tidak melulu tentang bermain dengan wanita namun juga angan angan /berimajinasi untuk melakukan itu ,atau lazimnya sekarang di sebut onani dan masturbasi .

banyak hal yang bisa mengundang dan menimbulkan syahwat yang melanda baik yang sudah menikah maupun yang belum ,maka perlu di lakukan hal hal yang ampuh untuk mengatasinya ,diantaranya yaitu sebagai berikut

1.batasi pergaulan 

poin pertama ini cukup penting mengingat lingkungan sangat berpengaruh maka sebisa mungkin harus di batasi ,teman dan pergaulan akan mempengaruhi pola hidup kita di sadari atau tidak .

2.hapus segala aplikasi pendukung di handpone.

karena iman itu bisa berkurang dan bertambah maka jangan biarkan ia punya celah untuk masuknya godaan setan ,hapuslah segala aplikasi dan gambar serta video dewasa yang ada di hp anda ,karena apa yang kita lihat dan dengar akan berpengaruh pada apa yang kita pikirkan.

3.berkumpullah dengan orang baik.

jika poin pertama mengajarkan untuk menghindari lingkungan yang buruk ,maka dekatilah lingkungan yang baik ,lingkungan para orang sholih ,karena orang yang berteman dengan penjual minyak wangi tentu akan kecipratan wanginya juga.

4.lakukanlah hal positif

karena tidak adanya kegiatan maka imajinasi akan berkembang secara liar maka di perlukan kegiatan untuk mengalihkannya .

semoga bermanfaat,tiada maksud untuk menggurui namun mari berjalan beriringan untuk mencapai Ridlo Tuhan.

salam ukhuwah .

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan