Kenali macam dan jenis kecerdasan dalam diri anda |El anshory,opini dan strategi

Apa yang anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata "cerdas " ? Pertanyaan klasik ini sebagai awal ,kebanyakan orang ketika di tanya tentang cerdas akan menjawab yang pintar dan bagus nilai akademisnya ,mungkin juga yang mendapat nilai tinggi ketika tes IQ (intelegent question)  ,anak yang cerdas bagi kebanyakan orang mungkin yang mendapat rangking 1 ,2 dan 3 di kelasnya .padahal terdapat macam dan jenis jenis kecerdasan menurut para pakar.

Karena orang yang cerdas akademik belum tentu pandai bersosialisasi di masyarakat karena mungkin tidak mempunyai kecerdasan di bidang itu ,mari kita kupas sedikit topik ini dengan memperhatikan penjelasan dari pakar dan ahlinya.
Menurut developmental psychologist ,Howard Gardner,ada 9 tipe kecerdasan itu ,cerdas di bidang tertentu tidak melulu hanya mengandalkan tes IQ ketika ingin mengetahui kecerdasan seseorang,berikut adalah macam macamnya :
1.Natural
   Kecerdasan yang pertama ini adalah cerdas dalam memahami dan menikmati alam ,kebanyakan dari mereka bisa melatih diri terhadap kecintaan pada alam secara otodidak .contoh dari macam kecerdasan ini adalah pendaki gunung,pemburu,pemandu wisata ,nelayan dll.

2.Musikal
   Type cerdas yang kedua ini yaitu peka terhadap nada,ritme ,melodi dan intonasi ,juga bisa memainkan alat musik.contoh :musisi ,penyanyi,pencipta lagu dll.

3.Logis Matematika
   Yaitu kecerdasan membuat klasifikasi dan kategorisasi,berpikir dalam pola sebab akibat dan berpikir rasional.contohnya ;ilmuan ,akuntan ,progammer dll.

4.Eksistensial
  Yaitu kecerdasan mempertanyakan segala sesuatu ,mampu menjawab persoalan persoalan terdalalam eksistensi dan keberadaan manusia.contohnya :filosuf
5.Interpersonal
  Yaitu mampu membedakan berbagai macam emosi,mudah mengakses perasaan sendiri ,suka meditasi dan kerja sendiri.contohnya yaitu komunikator,fasilitator,guru dan politisi.

6.Kinestik jasmani
  Yaitu kecerdasan menikmati kegiatan fisik (olahraga) ,cekatan ,tidak bisa diam,berminat segal sesuatu gerak dinamis.contohnya :atlet,penari,ahli bedah ,pengrajin dll.

7.Linguistik
  Type kecerdasan ini yaitu kecerdasan berargumentasi,mampu mengolah kata kata secara efektif baik lisan maupun tertulis.contohnya ;dramawan,sastrawan,jurnalis dll.

8.Intrapersonal
  Yaitu yang mampu menghadapi orang lain dengan penuh perhatian ,terbuka,menjalin kontak mata dengan baik. Contoh :negosiator ,pemimpin spiritual dll.

9.Visual spasial
  Yaitu kecerdasan yang mampu untuk peka dan tahan terhadap detail visual ,keseimbangan ,mendalam memperkirakan jarak dan ruang .contohnya yaitu; para arsitek ,fotografer ,insinyur dll.

Jadi kesimpulannya adalah jika kita bisa mengenali apa jenis kecerdasan yang kita punya dan bisa terus menerus untuk mengasahnya maka itu adalah langkah yang tepat jika anda sedang memilih karir ,juga untuk membantu perkembangan anak anda.

Semoga bermanfaat :-)

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan