Karena selera seseorang memang berbeda

Gema takbir masih bergaung setelah sholat Maktubah (sholat yang di wajibkan,red) ,di senandungkan untuk menandai bahwa sedang Hari Raya Idul Adha (Idul Qurban ,red) di tambah lagi 3 hari kedepan adalah Hari Tasyriq (dendeng,red) ,tradisi menyembelih hewan qurban setelah sholat Hari Raya masih di lestarikan hingga sekarang ,ada yang berupa hewan sapi ataupun kambing ,1 sapi di peruntukkan bagi 7 orang ,sedang 1 kambing di peruntukkan bagi 1 orang.
Bagi kebanyakan orang adalah merupakan keberkahan tersendiri bisa menikmati santapan daging ,apalagi itu di berikan secara cuma-cuma oleh panitia penyembelihan hewan qurban,banyak yang harap-harap cemas tidak kebagian jatah daging ,padahal pembagian itu sendiri tergantung berdasarkan jumlah hewan yang di qurbankan .
Aneka jenis masakan pun sah sah saja di lakukan seperti halnya membuat menjadi gule,sate ,asem-asem ,becek dan lain sebagainya,semua terserah dan tergantung dari selera pribadi masing -masing.
namun diantara kebanyakan itu terdapat sebagian yang berbeda ,ada orang yang tidak terlalu suka dengan daging apalagi melihat langsung proses penyembelihan dan pencacahan dagingnya .
siang tadi karena kebetulan tempat kerja kami juga menyumbangkan hewan qurban di area Ring 1 (daerah sekitar perusahaan,red) sejumlah 2 ekor sapi ,maka panitia penyembelihan qurban pun memberikan 1 ekor kepala Sapi .Maka secara otomatis kami pun bahu membahu ,bekerja bakti mencoba mengolahnya ,mengirisi hingga menjadikannya sebuah masakan.
dari sinilah harus kita pahami bahwa selera seseorang memang berbeda ,ada yang suka dengan daging ada pula yang tidak terlalu suka apalagi melihat secara langsung proses penyembelihan dan pengolahannya ,maka kita pun harus bisa menghormati dan menghargainya.
sekali lagi selamat berhari raya Qurban ,semoga dengan berqurban kita mampu mengorbankan kepentingan pribadi dan ego kita sendiri ,karena hakikat berkurban sendiri bukan terletak pada hewan dan dagingnya namun kerelaan untuk mengorbankan apa yang kita punya demi melaksanakan apa yang di titahkan oleh Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan