Riuhnya pembahasan Tartib di sosialisasi Pilkades Karangasem

Dalam pelaksanaan Pilkades bulan Juli mendatang ada tahapan-tahapan yang harus dilalui diantaranya yaitu sosialisasi peraturan dan tata tertib serta tata cara pelaksanaan pilkades yang tentunya itu membutuhkan sosialisasi ke warga masyarakat  agar nantinya tidak ada tuntutan ataupun konflik  di kemudian hari. 

Adalah Desa Karangasem ,Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban  yang mana pada hari Selasa (26/03/2019) mengadakan acara "Sosialisasi pemilihan Kepala Desa Karangasem periode 2019-2025 " acara ini dihadiri oleh sekitar  100 orang yang terdiri dari beberapa unsur diantaranya yaitu anggota LPMD , BPD ,para ketua RT,  tokoh masyarakat dan tokoh karang taruna .

Dalam sambutannya anggota panitia Pilkades Karangasem Darsono,SPd,I  menyebutkan : Untuk Pilkades tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya karena setiap calon nanti diwajibkan  membuat Pakta integritas tentang bengkok desa yang nanti  diperuntukkan untuk pengentasan kemiskinan, diharap langkah ini bisa mengurangi penghamburan uang  dalam Pemilihan dan generasi muda  yang punya kapasitas bisa  ikut kontestasi " terang  beliau .

Sementara itu ketika acara pembahasan tata tertib berlangsung banyak hujan interupsi antara peserta rapat tentang politik uang dan uang saku (sangu, red)  untuk Calon pemilih, diantaranya yaitu  : "kami tidak ingin untuk Pilkades ini ada politik uang ,proses pemilihan harus bersih dan transparan." ujar salah satu peserta. Banyak peserta juga yang mempermasalahkan  tentang DPT (Dafar Pemilih Tetap)  di antaranya menyebutkan:" Bagaimana jika ada warga yang tidak punya KTP dan KK namun bertahun-tahun berdomisili di Karangasem, Apakah punya hak suara ?" tanya peserta yang lain. suasananya pun sedikit riuh karena banyak peserta dan panitia yang punya argumen masing-masing yang akhirnya kembali ke Patokan semestinya yaitu pergub. 

untuk tahun ini pemilihan Desa Karangasem terbagi menjadi 3 Blok , "Blok  pertama" meliputi RT .Sarmi, RT.Wanaji (dusun kedungrejo),  RT.Ari ,RT.Darno   dan RT Wiyoto .sedangkan "Blok  kedua" meliputi RT.eni ,RT.anik , RT. Mutiah, RT .Asmuni dan RT. yuliatin sedang "Blok ketiga" terdiri dari RT. ali, RT. supatin, RT. Zulaikah,  RT. Sukono dan RT.Jasmin. karena pendaftaran telah dibuka oleh panitia pada tanggal 28 Maret hingga 8 April ,maka masyarakat diharap untuk ikut serta bagi yang berminat  karena tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Sementara itu ketika dikonfirmasi oleh harian Purnamainterlokal.com Ketua panitia Pilkades Karang Asem, Zaki Abdillah menyatakan :" kami berharap peserta yang di undang di forum ini bisa getok tular (sosialisasi, red)  ke tetangga sekitar, semoga  banyak warga masyarakat yang ikut mendaftar karena jika hanya satu orang yang mendaftar maka pemilihan  dinyatakan batal dan kami harap banyak warga masyarakat yang menggunakan hak pilihnya agar kedepan Karangasem bisa memiliki pemimpin yang di idamkan Masyarakat ."pungkas beliau.

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan