Geliat Warga desa sekitar ikuti Sedekah Bumi di Karangasem

Senin ( 22 /04/ 2019 ) adalah hari dimana dilaksanakan kegiatan " Tahlil Akbar dan Sedekah Bumi " Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 3 desa yang berada di sekitar  TPU (Tempat Pemakaman Umum ) Karangasem, 3 desa tersebut adalah Karangasem ,merkawang dan mliwang,  usut punya usut nenek moyang mereka ada yang disemayamkan di TPU Karangasem tersebut.Acara ini juga di hadiri oleh perwakilan dari perusahaan -perusahaan di sekitar Karangasem, BABINKAMTIBMAS ,dan pihak kecamatan Jenu yang di wakili oleh Bapak camat dan stafnya. 

Sedekah Bumi ( manganan,red) tahun ini bertepatan dengan hari bumi (Eart Day)  yang jatuh pada 22 april dan setiap tahunnya di peringati oleh penduduk dunia,  Dahulu tradisi "sedekah bumi " ini  dilaksanakan di sekitaran TPU ,mereka berkumpul di bawah pohon Gedrek  yang berusia ratusan tahun   sembari menyembelih kambing dan membawa aneka tumpeng dan makanan. sedekah bumi sendiri bertujuan untuk bersyukur atas nikmat Tuhan dan mengirimkan doa kepada ahli kubur yang telah mendahului mereka ,lambat laun tradisi  ini bergeser dan sekarang pelaksanaannya  bertempat di Masjid Sabilul Muhtadin dan pelatarannya karena banyaknya peserta yang hadir  dan acaranya  dikemas dalam bentuk " Tahlil Akbar".

Dalam sambutannya ketua Yayasan Sabilul Muhtadin, Ustadz Syaroful Minan ,S Ag menyatakan :" kami bersyukur atas apresiasi masyarakat yang antusias dalam kegiatan sedekah bumi ini, kedepan setelah berembuk dengan pengurus Masjid, panitia  dan Pemdes , maka sedekah bumi akan dilaksanakan  tiap tahunnya pada bulan Rajab tepatnya di hari Senin Pahing ." pungkas beliau.

Sementara itu dalam sambutannya  juga kepala desa Karangasem , Sodikin menyatakan :"Kegiatan ini adalah bukti bahwa kita menghargai nenek moyang dan Mbah Buyut kita terdahulu dan salah satu caranya yaitu dengan kirim doa kepada mereka ,bersedekah dan jariyah ." tutur beliau.

sementara itu ketika dikonfirmasi oleh media Purnama interlokal.com Camat Jenu ,Midun Reza Muhammad Maftuhin menyatakan :" ini kegiatan baik yang menunjukkan kebersamaan dan keguyub rukunan , semoga kegiatan ini bisa Istiqomah dilaksanakan, semuanya berkah, manfaat dan bisa hasil maksud ."pungkas beliau.

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan