Berpuasa selama setahun penuh,mungkinkah ?

Gema takbir baru saja berkumandang ,bermaaf maafan dengan handai taulan pun telah di lakukan ,lalu apa yang kurang ? kebersamaankah ,tentu tidak ,libaran idul fitri memang sering di kaitkan dengan mudik ,dimana semua keluarga tumpah ruah berkumpul di kampung halaman untuk sekedar berkumpul bercanda bersama memanfaatkan moment bermaaf maafan dan saling memberi sedikit rizki ,tentu saja hal ini berlaku untuk keluarga yang masih balita.
Berpuasa Romadlon secara tidak langsung telah mengubah gaya hidup dan pola makan untuk itu kadang kalau tidak perlahan lahan akan kaget juga organ pencernaan kita ketika menerima banyak asupan makanan saat lebaran tiba .pada zaman dahulu kala orang orang yang mempunyai kekuatan dan kanuragan sakti sering menggunakan media puasa untuk melatih olah batinnya.
Kemudian apakah seseorang mampu untuk berpuasa selama setahun penuh ?..jawabannya mungkin bisa namun sulit.Namun tentu saja ada kabar bagus dari Rosululloh Muhammad SAW yang dalan suatu hadist riwayat Muslim bersabda :"Barangsiapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Romadhon kemudian melanjutkannya 6 hari di bulan Syawwal ,maka ia seperti halnya berpuasa selama setahun .(H.R Muslim ).
alangkah bahagianya bagi pecinta Rosululloh mendengar kabar ini ,yang mana apabila di analogikakan adalah sebagai berikut :puasa 30 x10 =300 hari ,di tambah 6x10 =60 hari ,jumlah 360 hari (jumlah hari dalan setahun ).
Maka bagi anda yang ingin berpuasa selama setahun penuh maka berpuasalah 6 hari di bulan Syawwal ,lalu bagaimana cara memulainya ,langkah yang paling mudah adalah langsung memulai di hari kedua bulan syawwal hingga 6 hari selanjutnya ,ataupun bisa di tengah ataupun di akhir bulan Syawwal .
semoga ibadah kita senantiasa di terima oleh Alloh SWT.

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan