ketika mewabahnya musim bukber ,namun sepi sahber

Terik mentari yang menyegat siang ini begitu terasa di kulit ,padahal sudah masuk pula ke kamar berpendingin udara ,mungkin efek kemarau kali ini walaupun dini hari tadi sempat di guyur hujan walaupun hanya beberapa menit .
karena mungkin sudah terbiasa dari tahun tahun terdahulu atau ingin mengakrabkan persahabatan ,lazim di Indonesia dan kota kota besar juga kota kecilnya yang melakukakan BUKBER (Buka Bersama ) baik itu dengan rekan sejawat maupun dengan teman semasa sekolah dahulu dan itu sudah lazim ,maka tak heran banyak Rumah Makan yang menyiapkan tenda tenda khusus ketika bulan Romadlon demi untuk memberikan pelayanan atas antusiasme pengunjung yang ingin buka bersama disana.
namun ada yang berbeda ketika penulis berkunjung ke sebuah desa ,tepatnya di desa kecil di sebuah kecamatan Badas Kabupaten Kediri ,acara bukber tidak begitu familiar disana justru yang familiar adalah SAHBER (sahur bersama ) yang di lakukan pada sepuluh terakhir di bulan Romadlon.
adalah sebuah gagasan yang konon tercipta dari kepengurusan Masjid disana yang ingin agar bisa menjemput malam lailatul Qodar dengan cara berjamaah ,maka tercetuslah ide tersebut .adapun teknisnya adalah jam 02.00 WIB mereka berkumpul untuk melakukan sholat lail (sholat malam ,red) kemudian di lanjut dengan i'tikaf (berdiam diri di masjid ) ,selanjutnya baru sahur bersama yang di lakukan pada pukul 03.30.adapun menu santap sahur pun telah di gilir sedemikian rupa oleh ketua RT ,setiap Kepala keluaraga (KK) di wajibkan untuk menyetorkan beberapa bungkus nasi kotak yang selanjutnya nanti di atur oleh panitia.
sungguh sebuah inovasi yang canggih demi untuk meningkatkan ketakwaan di bulan Romadlon ,juga untuk menjemput datangnya malam "lailatul Qodar " yang datangnya dirindukan banyak orang .tak hanya mengakhiri puasa (berbuka ) namun kegiatan ini adalah untuk mengawali puasa (Sahur ).
semoga paparan sedikit diatas bisa memberikan gambaran ,karena memang di rasa berjamaah itu lebih mudah daripada harus sendirian.

Comments

Popular posts from this blog

diapit dua perusahaan raksasa,karangasem punya pesona

antisipasi musim buwuhan yang membuat pengeluaran membengkak

Kupatan ,tradisi di Tuban menyambut Bulan Ramadlan